6 Cangkir Teh = 1.5 Liter Air

Oke, kali ini akan membahas sedikit masalah teh yang biasa kita minum. Saya mendapatkan artikel ini dari perfect health yang mengatakan bahwa minum 6 cangkir teh sama dengan minum 1.5 Liter air ?? (yah secara logika sih, emang teh juga buatnya pake air juga toh ? haha)  :capedes

Nih, menurut artikel yang saya baca tadi, Riset menunjukan bahwa meminum teh tidak menyebabkan gejala dehidrasi, tetapi faktanya adalah teh memiliki kandungan yang hampir sama seperti air. Air putih (mineral) adalah cairan yang sangat diperlukan untuk mengisi cairan tubuh. Tapi riset menunjukan teh juga memiliki komposisi yang sama seperti air. Riset yang dilakukan di UK (Inggris) menujukan bahwa meminum 4-6 cangkir teh per hari setara dengan meminum 1.5 liter air.  :cystg 

Pengairan dalam tubuh  adalah hal yang esensial. Air dibutuhkan untuk memaikan fungsi otak, hati dan jantung. Pengairan yang baik sangat membantu untuk memelihara sendi lubrican dan otot. Air bisa membantumu untuk menurunkan berat badanmu dengan cara menekan nafsu makan dan membantu metabolisme.

Dalam study terakhir, para peneliti menganjurkan 21 pria yang dengan umur rata-rata 36 tahun untuk mengkonsumsi teh. Setelah 12 jam, partisipan yang diminta unutk meminum 240 ml teh dengan 20 mil susu skim tanpa gula yang diseduh dalam air hangat. Dalam tes yang sama, partisipan diminta untuk  meminum 6 cangkir teh atau sekitar 1.5 liter air. Untuk memeriksa level hidrasi, contoh darah diambil sebelum mengkonsumsi minuman dan secara periodik.

Sesuai dengan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa teori dimana meminum teh dapat menimbulkan efek dehidrasi kepada seseorang karena mengandung kafein tidak benar. Ahli nutrisi dari Tea Advisoy Panel menunjukan bahwa 6 cangkir teh dan 1.5 liter air memiliki kandungan cairan yang sama. Riset ini telah dimuat dalam British Journal of Nutrition.

Manfaat dari teh sendiri tidak hanya untuk mengurangi dehidrasi, tapi juga untuk menjaga tubuh melawan beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan cancer (kangker) bukan kantong kering yah, hehe  :D . Para ahli percaya bahwa zat anti oksidan flavonoid  yang menjadi bahan utama dari teh dapat membantu kesehatan. Tapi perlu menjadi catatan adalah keuntungan atau benefit dari teh sendiri bisa didapat jika gula yang ditambahkan adalah secukupnya.

Nah, bagaimana ? Masih takut minum teh ?? Hehe, Kalo gak percaya coba aja sendiri yah  :cendol