Halo :Yb

Sekarang saya akan menshare sedikit ilmu tentang Tugas Akhir saya, mumpung lagi senggang sebagai jobless, ada baiknya mengisinya dengan kegiatan yang berguna. Mungkin teman-teman sudah banyak mendengar istilah cloud computing di kehidupan sehari-hari kita, contohnya pada file sharing seperti mediafire, iCloud, email dan masih banyak lainnya.

Kita mulai dari pengertian dan konsep dasar dari cloudnya yah  :nerd

Cloud  computing secara kata bila diterjemahkan kedalam Bahasa Indonesia dapat berbunyi   “Komputasi   Awan”.   Secara terminologi,cloud computing   adalah   teknologi   yang   memungkinkan   client   untuk   mengakses resource  dalam  bentuk  software,  akses  data,  maupun  kemampuan  komputasi melalui jaringan  komputer.  Client   dapat   mengakses  berbagai  layanan yang disediakan cloud  computing seperti word processing program, web development   program,   OS.   Pada   cloud  computing, komputer   client   hanya digunakan  untuk  mengontrol  cloud,  semua  proses komputasi dilakukan pada server cloud computing.

Salah satu prinsip teknis cloud computing ialah fleksibilitas dalam akses data, artinya  kita dapat mengakses data dari mana saja melalui suatu perangkat fixed  seperti  personal   komputer  atau  laptop  maupun  mobile  device  dengan menggunakan cloud (internet) sebagai  sarana penyimpanan data secara  online (online  storage).  Tidak  hanya  berupa  online  storage,  cloud  computing  juga memiliki kapabilitas untuk menyediakan berbagai macam aplikasi yang langsung dapat digunakan tanpa proses download dan instalasi dalam komputer  seperti yang biasa kita lakukan dalam aplikasi konvensional.

Mungkin secara garis besarnya seperti itu, saya yakin kamu masih sedikit bingung dan belum begitu paham kan tentang apaan sih cloud computing ? Sebenarnya belajar cloud computing memang sedikit rumit dan abstrak, tetapi mungkin jika kita mengetahui contoh dari service yang diberikan di cloud computing kita akan sedikit mengerti.

Cloud computing pada dasarnya dibagi menjadi 3 (tiga) jenis layanan utama :  :cystg

a.  Software as a Service (SaaS)

Software    as    Service    adalah    tipe    cloud  computing    dimana sebuah   aplikasi ditawarkan   sebagai   layanan kepada  client, dan aplikasi   tersebut  dapat  diakses melalui internet atupun LAN. Client tidak perlu melakukan  penginstallan, upgrade, maupun maintenance, semua dilakukan oleh penyedia SaaS cloud computing.

Contoh  SaaS   cloud   computing   adalah   Google   Doc.   Client dapat menggunakan  word  processing  program  layaknya  Microsoft Word  tanpa  harus menginstall  program  tersebut  di  komputernya, client  cukup  mengakses  alamat internet  Google  Doc  lewat  web browser,  dan  menggunakan  aplikasi  tersebut  di dalam web browser.

 

b.  Platform as a Service (PaaS)

Pada  Platform  as  Service,  client  disediakan  resource  yang dibutuhkan untuk membuat  aplikasi  sepenuhnya  dari  internet,  tanpa harus  mendownload   atau menginstall software. Contoh  PaaS  cloud computing adalah Google app Engine. Clientdapat membuat website melalui web browser. Contoh realnya adalah situs blog seperti blogger, wordpress atau thumblr.

c.   Infrastructure as a Service (IaaS)

Berbeda  dengan SaaS dan PaaS  cloud  computing    dimana disediakanya  aplikasi untuk digunakan client, IaaS cloud computing menyediakan layanan hardware yang dapat digunakan sesuai  keinginan Client. Client dapat mengatur spesifikasi hardware tersebut  sesuai  kebutuhan, seperti  jumlah  core processor,  kapasitas RAM  (Random  Access  Memory),  kapasitas  hardisk  dan  kecepatan NIC  (Network  Interface  Card).  Infrastructure  as  a  Service  (IaaS) cloud computing dapat disebut juga Hardware  as a Service (HaaS) cloud computing. Contoh : Amazon EC2, Amazon S3

Nah, bagaimana ? masih bingung juga ? :ngakaks Gak usah khawatir, kalo kamu masih bingung, masih banyak resource yang lainnya, atau mungkin kamu bisa bertanya langsung ke saya dengan mengisikan komentar di artikel ini, hehe. Semoga bermanfaat yah teman-teman  :newyear