Hallo~  :iloveindonesias

Iseng-iseng ngikut lomba nulis blog yang diadakan oleh axis, hihi. Semoga bermanfaat buat saya, pembaca dan axis, saya mulai yah dari sebuah cerita.

http://duniaaxis.co.id

Internet mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita karena memang internet sudahlah menjadi suatu rutinitas di Era ini yang menuju Next Generation Network yang mengharuskan kita perlahan-lahan berpindah dari layanan berbasis circuit (PSTN) menuju layanan berbasis paket (Internet/data transfer). Perkembangan teknologi dan perangkat/handset yang menggila juga menjadi salah satu faktor cepatnya pertumbuhan internet di dunia.Pemikiran manusia memang selalu berubah dari tahun ke tahun, abad ke abad, dulu saya ingat sekali saat zaman sekolah (SD), para guru menugaskan para siswa/siswinya untuk mencari artikel-artikel di koran-koran yang terbit setiap harinya. Dengan susah payah saya dan teman-teman harus mencari artikel yang dimaksudkan sang guru dan menempelkannya pada sebuah kertas putih kosong yang nantinya akan dinilai. Pencarian artikel pada koran bukanlah perkara mudah, bayangkan, koran memiliki banyak kolom, halaman dan kategori, bagi anak SD memahami isi koran dan mencari artikel mungkin sulit sekali, bolak-balik halaman, membaca sedikit, bertanya pada orang tua, kakak dan orang yang mengerti. Cukup memakan waktu. Yah, keesokannya semua siswa harus mengumpulkan artikel tersebut, sang guru pun menilainya dan menyimpannya disuatu tempat. Mungkin artikel-artikel yang sudah dikumpulkan dengan susah payah oleh paras siswa SD seperti saya (dulu) dan teman-teman saya tidak akan bertahan lama, mungkin hanya bertahan dalam hitungan minggu sampai bulanan, karena memang sifat kertas yang mudah sobek dan rusak. Wait, tapi kok gak nyambung sih ? jadi ke arah anak SD, Artikel dan Koran ? :hammer:

Tunggu dulu, disini mungkin saya tidak langsung pada intinya, tetapi saya membuat sebuah intermezo atau sebuah cerita pembanding, haha. Sekarang mungkin hal-hal semacam yang saya lakukan atau bahkan pembaca lakukan saat SD dan sekarang jauh-jauh berbeda sekali. Mungkin kita akan jarang sekali menemukan seorang anak SD atau SMP ditugaskan untuk menempelkan sebuah artikel dari koran lagi. Kenapa ? Seperti yang saya katakan tadi, mungkin hal itu sudah tak berlaku lagi sekarang. Betapa tidak, koran pun sekarang tidak lagi berwujud kertas, kalian bisa menemukannya di internet yang berformat PDF dan mungkin bisa dikatakan lebih ramah lingkungan dan kamu tidak perlu menyediakan ruang khusus atau gudang untuk menampung koran-koran yang sudah tak terpakai. Selain itu, mungkin siswa-siswi sekolah tidak perlu lagi repot jika ditugaskan oleh gurunya untuk mencari sebuah artikel terkait, mereka hanya tinggal membuka internet dan mengetikkan kata kuncinya di mesin pencari seperti google atau bing, dalam waktu kurang dari 30 detik, berbagai artikel terkait pun muncul. Sungguh luar biasa memang, sekarang jauh-jauh lebih mudah dibanding dengan masa sekolah kita dulu. Lalu, sekarang apa hubungannya dengan Eksis yang axis dengan Internet atau mati perlahan ?  :confused:

Sedikit cerita mengenai  dasar pemikiran saya mengambil judul ini. Mungkin teman-teman bingung dengan nyelipnya kata “axis” di dalam judul saya. Well, seperti yang kita tahu, semboyan dari Axis adalah “GSM yang baik”, berasal dari pemikiran inilah saya menyelipkan kata axis di judul saya yang berarti seperti ini : “Eksis yang baik dengan internet “ hahaha, terdengar maksa, tetapi cukup bisa diterima kok. Oke, sekarang balik lagi ke tulisan saya.


Sekarang , kenapa jika kita tidak eksis di Internet kita bisa mati perlahan ? Mungkin ini hanyalah kiasan yang saya buat, terlalu berlebihan memang, tapi mungkin juga tidak. Mari kita tengok keadaan dunia kita sekarang. Handphone dengan kemampuan telpon dan sms mungkin sudah jarang digunakan karena memang Internet sekarang menjadi sebuah kebutuhan yang pokok bagi manusia di zaman ini (sudah jarang yang menggunakan sms untuk bersapa dengan kerabat, fenomena yang ada adalah orang lebih prefer menggunakan BBM, Instant Messenger dan Situs2 Sosnet). Internet memang bisa dikatakan sebuah kebutuhan pokok pada zaman ini, kenapa ? karena memang sekarang hampir semua aktifitas dapat dilakukan di internet. Mendengar radio, menonton TV, Menelpon, berbagi cerita dengan teman, berbagi Foto dan video, mengirimkan surat, melihat lowongan pekerjaan, membeli barang, bahkan membaca koran, semua lebih mudah dilakukan di internet. Sebagai contoh : Saya adalah seorang mahasiswa, bayangkan jika letak rumah saya jauh ratusan kilometer dari kampus, atau saya analogikan kampus saya terletak di Jakarta, tetapi rumah saya di Maluku. Saat ada registrasi mata kuliah yang dilakukan sehari, apakah saya harus pergi jauh-jauh ke Jakarta dengan ongkos yang tidak sedikit pula dan membuang waktu saya bersama keluarga tercinta yang sudah lama tak bertemu hanya untuk perihal registrasi 1 hari ? Tentunya tidak, karena Internet sudah mempermudah segalanya.

Masih banyak contoh-contoh lainnya yang bisa kita ambil dari Internet sendiri, seperti pencarian lowongan dan pengiriman CV keperusahaan terkait. Bandingkan jika kamu masih menggunakan pengiriman surat konvensional yang memakan waktu 2-3 hari dengan menggunakan email yang hanya memakan waktu 2-5 menit. Hal-hal seperti inilah yang bisa menyebabkan kamu dapat mati perlahan, karena kamu tidak akan bisa bertahan dengan perkembangan zaman yang semakin cepat, seperti kata ilmuwan dahulu “siapa yang dapat beradaptasi dialah yang akan bertahan hidup”. Jadi sudah tahu jawabannya kan ? Eksis dengan Internet memang sangat diperlukan. Lalu, apakah saat ini kamu cukup eksis di Internet  ? :confused:

Mungkin judul yang saya tuturkan terdengar gila, tetapi mungkin ini bisa berarti rasional jika kita lihat realita yang ada saat ini. Eksis dengan internet  tidak hanya diartikan kalau kamu harus punya sebuah akun facebook, twitter, youtube,yahoo messenger, friendster dan lainnya. Eksis dengan internet juga bukan berarti harus terkenal, mempunyai banyak teman difacebook, follower yang tak terhingga, atau membuat sebuah video imitasi artis/video aneh untuk membuat dunia melihat tingkah bodohmu. Itu merupakan hal yang cukup naif menurut saya, walaupun dengan begitu kamu bisa “terlihat” lebih eksis dari teman-temanmu. Eksis dengan internet bisa diartikan jika kita ikut terjun kedalam dunia internet dan memberikan manfaat bagi orang lain dan diri kita tentunya. Sama halnya dengan eksis di dunia nyata, kita akan dinyatakan eksis atau “ada” jika kita ikut terjun kedalam lingkungan sekitar kita dan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. :army:

Eksis yang axis dalam internet bisa dilakukan dengan banyak hal, contohnya seperti melakukan proses pembelajaran dengan internet, melalui berbagai situs-situs yang membantu seperti Wikipedia, forum-forum, elearning dan lainnya. Eksis lainnya juga bisa dilakukan dengan cara seperti membuat sebuah blog yang bisa bermanfaat bagi dirimu dan diri oranglain (yang tidak melanggar aturan tentunya). Selain itu ikut ambil bagian dalam social media bisa dikatakan eksis dengan internet, tetapi ingat, jangan berlebihan, lakukan sesuai etika manusia modern yang baik dan benar, jangan sampai menggunakan kata2 kasar dalam social network, melakukan pose-pose tidak senonoh dalam youtube, dan lainnya.

Saya tau, temen-temen sekalian juga pasti sudah memiliki gadget/ handphone /tablet yang bisa membantu kalian untuk tetep eksis kan ? Jaman sekarang gak pake hape atau gadget yg bisa internetan bisa mati gaya. Jadilah orang yang Eksis yang axis dengan Internet. Tetap berekspresi, tetap eksis dan bebas berkreasi dan jangan sampai merugikan orang lain tentunya, nanti bukan Eksis yang axis lagi judulnya, hahaha. Satu lagi, jangan khawatir bagi teman-teman yang kesulitan dana buat internetan, berterima kasih kepada axis, karena menyediakan jasa internet murah yang dikenal diiklannya “internet untuk rakyat”. Gak percaya ? nih coba liat sendiri :matabelo:  :

Jadi gakada lagi alesan buat kamu gak eksis di internet kan ? Saya aja udah eksis,  Kamu kapan ?  :confused:

 http://duniaaxis.co.id