Error 1068 : the dependency service or group failed to start

Selamat pagi menjelang siang  :travel

Dapet problem baru lagi pas nginstalin windows 7 tiny edition, setelah pengen konek internet make modem wireless CDMA tercinta, tidak bisa konek karena sebab tertentu. Muncul notif seperti ini :

Awalnya sempet pusing dan berkutat di masalah ini semalaman. Dilihat dari masalahnya, keliatan kan Remote Access Connection Manager Servicenya gak hidup. Well, saya langsung segera cek services.msc dan melihat, ternyata memang services tersebut tidak ter-enable.

Langsung saja saya buat jadi manual configurasinya. Caranya :

1. Buka service.msc : startmenu > Run > services.msc 

2. Cari service yang ingin diaktifkan : dalam kasus ini Remote Access Auto Connection Manager dan Remote Access Connection Manager

3. Klik kanan pada service tersebut, lalu edit dibagian yang tadinya enable, menjadi manual

Nah, permasalahannya adalah disini, saat kita sudah berhasil mengubah menjadi manual, masalahnya adalah  saat kita run servicesnya akan muncul notifikasi Error 1068 : the dependency service or group failed to start. Disini saya sempat stuck karena terlalu banyak sumber yang berbeda untuk mengatasinya. Hampir 4 jam saya mencari tahu, dan Alhamdulillah berhasil mengatasinya.

Perlu diketahui, Service Remote Access adalah service yang dependen (tidak bisa berdiri sendiri) inilah penyebabnya muncul error 1068 tadi. Berbagai cara sudah saya coba, dari edit registry, matikan anti virus dll. Nah, ternyata permasalahannya cukup simpel. Service ini berjalan dengan beberapa service yang harus aktif sebelumnnya.

Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah mengecek apakah service-service ini sudah aktif atau belum :

i. Secure Socket Tunneling Protocol Serviceii. Telephony

iii. Plug and Play

iv. Remote Procedure Call (RPC)

v. DCOM Server Process Launcher

vi. RPC Endpoint Mapper

Jika dari sekian banyak service tersebut masih ada satu yang belum di “run”, maka aktifkanlah. Setelah itu coba aktifkan  Remote Access Auto Connection Manager dan Remote Access Connection Manager kembali, sekarang pasti pesan error 1068 tidak ada lagi !! Dan kamu bisa mengakses internet kembali melalui modem wirelessmu  :thumbup:

Semoga bermanfaat deh yah dan semoga berhasil  :2thumbup