Gejala Kecanduan Kopi

Ngomong-ngomong masalah piala dunia kemaren, pasti Anda bela-belain bergadang untuk itu. Nah, konon katanya supaya tetap terjaga hingga dini hari, kita sering kali mengkonsumsi kopi agar kuat. Tapi, sebenarnya kita haruslah berhati-hati terhadap minuman ini. Walaupun memang harum dan rasanya yang nikmat, ternyata jika terlalu banyak minum kopi tidak bagus untuk kesehatan. Selain itu kopi membuat kita kecanduan.

Kopi adalah minuman yang mampu memberikan efek langsung pada tubuh dan pikiran manusia. Di samping itu juga mampu memberi tambahan tenaga atau energi secara fisik maupun mental kepada para peminumnya. Ini salah satu alasan mengapa orang mengkonsumsi kopi agar tetap terjaga. Selain itu kopi membuat tubuh kita melepaskan hormon stress dalam darah sehingga dapat membuat kita sulit tidur. Orang yang biasa minum kopi akan memiliki rasa ingin ngopi jika lama tidak minum kopi. Sama halnya seperti rokok.

Para peminum kopi semakin lama akan semakin banyak minum kopi karena tubuhnya akan semakin resisten alias kebal dengan dosis rendah. Ada orang yang hingga mengganti kebiasaan minum air putih dengan minum kopi sepanjang hari saking ketagihan dengan minum kopi. Untuk berhenti minum kopi butuh waktu di mana dosis kopi perlahan tapi pasti dikurangi terus-menerus hingga nantinya berubah jadi minum air putih.

Contoh Beberapa Jenis Bentuk Kopi Yang Sering Dikonsumsi Masyarakat Indonesia :
1. Kopi hitam manis
2. Kopi susu
3. Kopi luwak
4. Kopi tubruk
5. Permen kopi ekstrak
6. Bubuk kopi instan
7. Moccacino
8. Cappucino
9. Es kopi

Gejala Kecanduan Minum Kopi Bila Tidak Lama Minum Kopi :
1. Sembelit
2. Perut Mulas
3. Paranoid (Gelisah, Cemas, Khawatir)
4. Menjadi Pemarah
5. Badan Terasa Lemas Kurang Gairah & Tenaga
6. Susah Konsentrasi
7. Kepala Terasa Pusing
8. Muncul Gangguan Tidur
9. Leher, Bahu, Punggung, Perut, Tangan dan Kaki Terasa Tidak Nyaman

Kalo saya sendiri jujur cukup gemar mengkonsumsi kopi jenis Moccacino dan Cappucino, hehehe. Sekarang tinggal dicocokan saja apakah gejala tersebut ada dalam Anda ? Kalo memang ada berarti Anda harus sedikit aware kalau Anda sedang kecanduan kopi :)