Glosary About Jailbreaking

howdy~

sudah lama tidak berkutat di dunia tutor blog, hahaha, sibuuk. :hammer:

Oke, sempet pusing sama iPhone tercinta yang kagak ke ditek (detect) SIMnya abis Jailbreak. Yah, pusing cari-cari tau apaan sih baseband, dll akhirnya nemu juga di markasnya (mabes kaskus). Langsung aja, disini yang saya lakukan hanya memperbanyak alias copy dan paste karena takut lupa letaknya, jadinya saya taruh saja di blog tercinta, nih, beberapa hal yang perlu diketahui mengenai Jailbreak.

Chroot:pada sistem operasi Unix adalah sebuah operasi yang mengubah direktori root disk jelas untuk proses yang sedang berjalan dan anak-anaknya. Sebuah program yang berakar kembali ke yang lain tidak dapat mengakses direktori atau file nama di luar direktori tersebut, dan direktori yang disebut “chroot jail” atau (kurang biasa) sebuah “penjara chroot”.
JailBrake:Mendapatkan akses root untuk perangkat dengan “meningkatnya pengguna Privilege”, eskalasi Privilege adalah tindakan pemanfaatan bug, desain cacat atau pengawasan konfigurasi dalam sebuah sistem operasi atau aplikasi perangkat lunak untuk mendapatkan akses tinggi ke sumber daya yang biasanya dilindungi dari suatu aplikasi atau pengguna. Hasilnya adalah bahwa aplikasi dengan hak akses lebih dari yang dimaksudkan oleh pengembang aplikasi atau administrator sistem dapat melakukan tindakan yang tidak sah.

Dalam IOS pengguna hanya memiliki akses ke area tertentu (umumnya dikenal sebagai “Userland”;) dengan mean dari sebuah penjara chroot, melanggar keluar dari keterbatasan ini memungkinkan user biasa untuk skala untuk “root” (menghasilkan nama Jail Breaking).

Baseband: Berdasarkan band adalah nama yang diberikan ke firmware (radio) modem, ini adalah kode yang mengontrol perangkat keras yang memungkinkan ponsel untuk berkomunikasi dengan jaringan, terus jaringan stack (berpikir tentang bahasa yang menara Jaringan berbicara) .

Bootrom: Tetap kode yang ditulis di Memory Hanya Baca (ROM) dari Mikrokontroler, ini memungkinkan perangkat untuk Boot dan diinisialisasi semua Peripherials, IOS dan beberapa komponen perangkat keras. Karena tertulis di memori hanya membaca, kode ini tidak dapat memperbarui atau mengubah.

Unlocking: Dalam beberapa kasus baseband adalah kekuatan untuk berkomunikasi hanya dengan jaringan tertentu (Kunci untuk jaringan itu). Membuka mengacu pada proses memodifikasi, menipu atau bekerja di sekitar pembatasan ini dan membiarkan baseband untuk berkomunikasi dengan jaringan yang kompatibel.

DFU mode: DFU berarti Device Firmware Upgrade. Banyak perangkat lunak jailbreak membuat Anda memasukkannya ke dalam modus ini dalam proses jailbreaking. Anda melakukan ini dengan menekan tombol rumah dan memegang / tombol bangun di atas untuk persis sepuluh detik mereka lepaskan tombol bangun sambil menahan jatuh ke dasar rumah sampai mode DFU adalah jangkauan. Ini adalah cara yang baik untuk mengatur ulang jika ada sesuatu yang salah dengan itu.

SSH: Secure Shell: Jaringan protocol yang memungkinkan transfer data dan mesin untuk komunikasi mesin menggunakan saluran aman (terenkripsi), ini terutama digunakan di Linux / sistem UNIX dan itu desain untuk menggantikan protokol tidak aman seperti Telnet.

OpenSSH: protokol yang sama, berlisensi GNU (Sumber publik)

SFTP: adalah perluasan dari protokol SSH yang memungkinkan mentransfer file melalui saluran yang aman.

SHSH gumpalan: Mereka adalah serangkaian file dengan Extension SHSH (hasil nama), ini adalah tanda tangan file yang diverifikasi terhadap Server Apple.. Apple hanya sign file-file dengan rilis firmware terbaru dan mereka membuat iTunes cek untuk itu, sehingga cara mereka memaksa anda untuk menginstal firmware terbaru (dengan desain mereka tidak mengandalkan pada pengguna menyimpan file-file ini secara lokal)

Gumpalan: Obyek Besar Biner, adalah kumpulan data biner yang disimpan sebagai satu kesatuan dalam sistem manajemen database. Gumpalan biasanya gambar, audio atau objek multimedia lainnya, meskipun kadang-kadang kode executable biner disimpan sebagai gumpalan. dukungan Database untuk gumpalan tidak universal (Terima kasih kepada – Aggie -)

Firmware Umbrella (Tiny Payung): Desktop aplikasi yang memungkinkan Anda untuk menyimpan gumpalan SHSH lokal pada komputer anda, juga memungkinkan Anda untuk mengirim informasi tersebut perlu server Cydia sehingga mereka dapat meminta gumpalan Anda di masa depan tanpa perlu adanya interaksi pengguna .

Fitur lain baik Tiny Payung (Tiny Umbrella) adalah pilihan upgrade ke firmware Resmi baru tanpa meng-update baseband (bagi mereka yang membutuhkan untuk tetap pada baseband yang lebih tua dalam rangka untuk membuka)

APT: Advanced Packaging Tool, adalah antarmuka pengguna bebas yang bekerja dengan perpustakaan inti untuk menangani instalasi dan penghapusan perangkat lunak pada Debian GNU / distribusi Linux dan variannya. APT menyederhanakan proses pengelolaan perangkat lunak pada sistem komputer mirip Unix dengan mengotomatisasi pengambilan, konfigurasi dan instalasi paket-paket perangkat lunak, baik dari file biner atau dengan kompilasi kode sumber

Cydia: adalah aplikasi perangkat lunak untuk IOS yang merupakan front end grafis untuk APT dan sistem manajemen paket dpkg. Hal ini memungkinkan user untuk browsing dan download aplikasi untuk iDevice Jailbroken. Ini dikembangkan oleh Jay Freeman (juga dikenal sebagai “saurik”;). Cydia awalnya dirilis sebagai alternatif open-source untuk Installer.app pada IOS 1.1.x, tapi dengan cepat menjadi manajer paket yang paling populer pada rilis 2.0.

Pwnage Tool: adalah sebuah aplikasi Desktop untuk Mac OS X yang menciptakan gambar kustom firmware IOS dengan spesifikasi yang ditentukan oleh pengguna dan bersaing pada tingkatan tak dari mengeksploitasi pada IOS untuk trik dia ke loading ini custom firmware. Gambar-gambar ini firmware sering mengandung antarmuka Apt Cydia serta sejumlah paket Apt tambahan

iFile: adalah sebuah aplikasi ios yang memungkinkan Anda untuk browser file system, seperti Windows explorer pada Windows, atau Finder di Mac OS, juga dikemas dengan beberapa fitur tambahan seperti, Web server (untuk transfer file menggunakan web browser apapun) , Media Player, installer, File pratinjau dan lainnya.

iPhone Explorer (gratis): Aplikasi desktop mengembangkan oleh Macroplant, iPhone Explorer memungkinkan Anda menggunakan iPhone, iPod Touch atau iPad seolah-olah itu dalam mode disk atau flash drive. Penjelajah iPhone iPhone adalah browser untuk Mac & PC yang memungkinkan Anda mencari file dan folder pada iPhone anda seolah-olah itu adalah normal USB flash drive atau pen drive. Anda dapat menggunakan drag-and-drop metode mudah untuk menambah atau menghapus file dan folder dari iPhone. Kompatibel dengan semua iPhone dan iPod Touches termasuk iPhone baru 4 dan IOS 4 firmware

PhoneDisk (gratis sampai 1 Desember 2010): iDevice Disk Mode dibuat mudah dengan Telepon Disk. Menggunakan kabel USB standar, program ini kecil berjalan di menu bar atau baki sistem Mac atau PC. Ketika ia menemukan sebuah iPod Touch atau iPhone itu mulus mount ke sistem file Anda sehingga Anda dapat langsung mengakses file dengan menggunakan Windows Explorer, Finder dan setiap program lainnya

iDisk (Berbayar): Komersial aplikasi desktop mirip dengan iPhone Explorer yang memungkinkan Anda untuk menelusuri iDevice Anda File System.

Cyberduck: MacOS X SSH Client dengan dukungan SFTP

WinSCP: Windows SSH client dengan dukungan SFTP

Gimana ?? lumayan bermanfaat kan ? hehehe, thanks to Mabes Kaskus :2thumbup