HTTP (Hyper Text Transport Protocol)

:iloveindonesia

Di zaman modern ini yang serba cyber atau komputer saya yakin hampir setiap hari sebagian besar orang mengakses internet. Nah, di dunia internet ini ada sesuatu yang sering kita temui, tetapi kadang sering kita abaikan juga. Pasti sebelum kita hendak berkunjung ke sebuah situs di Internet, seperti Facebook, Twitter, Kaskus dan lainnya kita harus mengetikkan alamat dari si situs di sebuah bar addres pada browser kita kan ??

Sekilas Tentang HTTP

Nah, satu hal yang sering tak dihiraukan malah kita tidak tahu maksudnya apa adalah bagian awal si alamat, http://situs.com. HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah suatu protokol yang digunakan untuk mentransfer dokumen/halaman dalam WWW (World Wide Web). HTTP mendefinisikan bagaimana suatu pesan dapat diformat dan dikirimkan dari client ke server atau sebaliknya. HTTP mengatur aksi apa saja yang harus dilakukan oleh web server dan web browser sebagai respon atas perintah-perintah yang ada pada protokol HTTP ini. Nah, jadi HTTP ini yang berfungsi untuk menampilkan tampilan dari web yang akan kita akses.

Pengembangan standar HTTP dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang menghasilkan publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), antara lain RFC 2616 yang mendefinisikan tentang HTTP/1.1. (dipublikasikan pada bulan Juni 1999).

HTTP merupakan sebuah protokol untuk meminta/menjawab antara klien dan server. Sebuah klien HTTP (seperti web browser atau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80). Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent. Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server. Di antara user agent dan juga origin server, bisa saja ada penghubung, seperti halnya proxy, gateway, dan juga tunnel. Sumber yang hendak diakses dengan menggunakan HTTP diidentifikasi dengan menggunakan Uniform Resource Identifier (URI), atau lebih khusus melalui Uniform Resource Locator (URL), menggunakan skema URI http atau https.

Untuk HTTPS sendiri adalah bentuk yang lebih secure dari HTTP, dimana disini akan terjadi proses enskripsi data-data. HTTPS biasanya digunakan pada email atau situs-situs besar yang menjamin keamanan para usernya untuk melakukan login ke dalam halaman admin atau profilenya :D

Contoh website yang menggunakan Https adalah facebook, twitter, yahoo mail, gmail, hotmail dan masih banyak lagi

Bagaimana cara kerja dari HTTP tersebut?

Bila kita mengklik link hypertext atau kita mengetikkan suatu alamat atau URL pada internet browser, maka kamu sedang mentransfer URL ke browser, dan dari URL ini browser kamu tahu server mana yang akan dihubungi dan file apa yang diminta kemudian  web browser akan mengirimkan perintah HTTP ke web server. Web server selanjutnya akan menerima perintah ini dan melakukan aktivitas sesuai dengan perintah yang diminta oleh web browser. Hasil aktivitas tadi akan dikirimkan kembali ke web browser untuk ditampilkan kepada kita.

Lalu, Bagaimana proses transaksi data HTTP?

Selama transaksi http, para pemohon atau yang dikenal sebagai klien, meminta file ke server melalui web browser.

Skema normal :
1. Klien terhubung ke host,
2. Server menerima koneksi,
3. Klien permintaan file,
4. Server mengirimkan respon (termasuk file atau tidak).

Nah, sebenarnya masih banyak lagi yang bisa dijelaskan dari http sendiri, jika kamu merasa informasi yang saya berikan kurang lengkap, kamu bisa mencarinya di internet atau mungkin menanyakannya kepada mbah google :2thumbup