Oke, lanjut pembahasan sedikit mengenai hypervisor. Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan-postingan sebelumnya, pada dasarnya hypervisor, virtualisasi, virtual machine (vCPU) dan cloud computing adalah satu kesatuan. Nah, jadi ketika ada pembahasan tentang cloud computing, maka kita harus mengetahui semua komponennya.  :hammers

Seperti yang sudah saya jelaskan disesi teknik virtualiasai. Virtualisasi   dilakukan untuk   membagi   sebuah   komputer   menjadi   beberapa mesin   independen  dengan kemampuan  untuk  menjalankan  OS  dan  Aplikasi layaknya  komputer asli. Mesin  independen ini  disebut virtual  machine, sedangkan  komponen  yang menjalankan dan mengatur virtual machine adalah hypervisor.

Dari pengertian di atas, Hypervisor adalah sebuah wadah yang menjalankan dan mengatur Virtual machine yang kita gunakan. Nah, pada dasarnya, hypervisor terbagi menjadi 2 :

Pada  tipe  1,  hypervisor  berjalan  langsung  di  atas  hardware  tanpa adanya    OS,  dengan begitu hypervisor memiliki akses langsung ke hardware tanpa harus melewati OS.Contoh hypervisor tipe 1 adalah VMware ESXi. Kalau dilihat dari teknik virtualisasi yang digunakan, jenis satu ini adalah jenis hardware assisted.

Pada    tipe    2,    hypervisor    berjalan    di    atas    OS.    Pada    tipe    ini hypervisor  berperan sebagai  software  untuk menjalankan  dan mengatur  virtual machine. Akses   resource hardware yang dibutuhkan oleh virtual machine harus melewati OS.Contoh hypervisor tipe 2 adalah VMware Server. Berbeda dengan tipe 1, tipe 2 ini lebih cenderung ke OS assisted hypervisor (paravirtualization) dan juga full virtualization. :army:

Nah, sekarang sudah mendapat sedikit pencerahan  mengenai hypervisor ?? Semoga kamu gak bingung lagi yah tentang istilah ini, hehe  :dp