Mana yang Lebih Baik Bagi Sendi Tulang, Naik atau Turun Tangga ?

Pernah berkunjung ke sebuah gedung bertingkat yang memiliki lantai lebih dari 3 lantai ? Apakah kamu memilih berjalan naik tangga atau menggunakan lift otomatis untuk menuju lantai teratas ?? Biasanya, ketika naik tangga orang biasanya lebih suka menggunakan lift atau eskalator, sedangkan tangga turun orang masih ingin melakukannya (yah saya juga seperti ini).

Fakta


Ternyata ada sebuah fakta unik yang baru saya ketahui selama ini, menurut perfect health, kita seharusnya jangan hanya memilih untuk jalan saaat turun tangga ternyata, ketika kita memilih berjalan melalui tangga untuk mencapai lantai yang berikutnya, dapat melatih persendian tulang. Ketika kamu turun tangga tulang sendi harus menanggung beban 5 kali lebih besar dari berat tubuh (cukup masuk akal sih).Persendian adalah anggota tubuh terus menerus mengalami tekanan. Ketika berjalan, tekanan pada sendi mencapai dua kali berat tubuh, sedangkan naik tangga naik hingga 3 kali dan kemudian menuruni tangga tekanan yang dialami oleh sendi mencapai 5 kali dari berat tubuh.

Hal ini karena gaya grativasi. Khusus untuk orang-orang yang mengalami obesitas, tekanan pada sendi  lebih besar lagi, “jelas morphealth.com. Tentu sendi memang menciptakan beban yang banyak. Tetapi jika beban sangat berat dan adanya tekanan yang berlebihan pada sendi  terus menerus, maka persendian tersebut akan menanggung beban di luar kemampuannya.

Hal ini dapat menyebabkan robekan-robekan kecil pada sendi yang rentan. Saat masih muda tubuh alami bisa memperbaikinya. Tetapi jika ia semakin tua dan robekan akan mencapai 296, maka dapat berpengaruh ke tulang dan menyebabkan osteoarthritis. Hal ini karena kemampuan tubuh menurun untuk mensintesis Glukosamin. Selain itu, dengan bertambahnya usia sel-sel kolagen juga berkurang.

Glukosamin adalah Builder penting untuk sendi tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan pada ujung tulang dan mencegah tulang dari celah ketika bergerak. Untuk mencegah terjadinya osteoartritis karena sendi mengalami beban luar kemampuannya, beberapa cara pencegahan, antara lain:

  1. menjaga berat badan tetap ideal
  2. memperketat buffer otot dengan olahraga seperti berenang
  3. Mempertimbangkan apakah beban berlebih pada sendi

Lalu, apakah kamu akan lebih memilih menaiki tangga dibanding menggunakan lift atau escalator ?? Tergantung situasi saya rasa, haha