:hoax2 :hoax2

Iseng-iseng baru belajar sesuatu yang baru, lumayan buat ditulisin di blog ini, daripada ntar lupa, mending ditulis biar inget, he he he.

Ok, pagi ini saya baru saja mempelajari hal baru, mungkin beberapa teman-teman sekalian sudah cukup mengerti dan sudah pernah melakukan hal ini. Menginstall NS-2 (Network Simulator). Caranya sebenarnya cukup mudah, karena masih proses instalasi saja, he he he :berbusa:

Well, mungkin saya akan menjelaskan menginstall NS-2 di windows XP, karena memang sebagian orang masih banyak menggunakan Windows XP sebagai Operating System mereka. Kita mulai saja permainannya :army:

1.Pertama tentunya yang harus kamu siapkan adalah installer NS, saya menggunakan ns-allinone-2.31, jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mendownloadnya di situs NS gratis karena memang NS adalah Open Source (bisa lihat di google).
2.Setelah mendapatkan file ns-allinone-2.31.tar.gz kamu juga harus menyiapkan installer cygwin, kamu juga bisa mendownloadnya di internet.
FAQ : untuk apakah cygwin ? cygwin berfungsi layaknya console pada OS berbasis unix. Kenapa cygwin ? supaya kita bisa menginstall NS-allinone. Karena NS-allinone tidak berekstensi .exe melainkan berekstensi .tar.gz yang bisa diinstal begitu saja, selain itu NS terdiri dari packet-packet. Agar NS bisa diinstall, saya merekomendasikan kalian untuk mendownload cygwin yang lebih update daripada ns Allinone nya.
3.Jika sudah memiliki cygwin, install cygwin terlebih dahulu.
4.Copy ns-allinone-2.31.tar.gz  ke folder c:/cygwin/home lalu ekstrak file tersebut.
5.Jika sudah, buka cygwin (double click) lalu akan muncul kotak dialog seperti command prompt
6.Ketikkan cd /home/ns-allinone-2.31 [nama file disesuaikan dengan versi ns-allinone kamu.
7.Setelah masuk ke direktori /home/ns-allinone-2.31 ketikkan ./install
8.Selanjutnya, kamu harus mengkonfigurasi path untuk  aplikasi  NS  dan  NAM(Network  Animator),  agar  OS  dapat mengetahui letak file executable n

caranya tambahkan script dibawah ini pada bagian bawah file profile yang terdapat di C:cygwinetcprofile (gunakan notepad)

export NS_HOME=/home/ns-allinone-2.31/

export PATH=$NS_HOME/tcl8.4.14/unix:$NS_HOME/tk8.4.14/unix:$NS_HOME/bin:$PATH

export LD_LIBRARY_PATH=$NS_HOME/tcl8.4.14/unix:$NS_HOME/tk8.4.14/unix:$NS_HOME/otcl-1.13:$NS_HOME/lib$

export TCL_LIBRARY=$NS_HOME/tcl8.4.14/library

export NS=/home/ns-allinone-2.31/ns-2.31

export NSVER=2.31

export TCPEVAL=/home/ns-allinone-2.31/eval

9.Lalu, buka NSnya dengan menggunakan perintah startxwin.bat
10.Maka akan keluar NS yang bentuknya seperti comand prompt, disinilah kita bisa melakukan compile file tcl(script-script kita). Jadi ketika melakukan simulasi, kita bermain di Nsnya dan script tcl yang bisa kita tulis lewat notepad.
11.Sebagai contoh, kita buat file berformat test.tcl , lalu compile dengan mengetikkan nama tcl yang telah kita buat tadi. Nantinya akan keluar NAM yang fungsinya menampilkan simulasi jaringan yang kita buat ke bentuk animasi sederhana.

Gimana ?? gampang kan ?? hehehe, yang susah mungkin saat kamu mencoba membuat script di NS-nya, Selamat mencoba