Mensortir Email dengan Folder @Hotmail / Windows Live

Hello, Selamat Pagi~  :travel

Yup, pagi yang indah di hari minggu, hehe…

Oke, pagi-pagi begini saya sudah disibukkan dengan email-email saya yang masuk, mulai dari teman yang jauh diluar sana, Teman-teman Forum atau mailing list, perihal web hosting , sampai ke notifikasi social media :hammer:

Mungkin akan terlihat sulit atau berantakan dan sulit untuk melihat mana email yang penting dan mana yang tidak. Nah, sebenarnya semua layanan email seperti Hotmail (Microsoft), Gmail (Google), Ymail (Yahoo) dan layanan email lainnya menyediakan sebuah fitur untuk men-sortir email-email kita berdasarkan siapa pengirimnya.

Dengan Fitur ini sebenarnya akan memudahkan kita untuk melihat mana email yang penting dan mana email yang hanya notifikasi saja. Well, kali ini saya akan memberikan sedikit tips untuk mensortir email-emailmu agar terlihat lebih rapih :)

Kali ini mungkin saya hanya menjelaskan cara mensortir email dari hotmail karena memang saya lebih sering menggunakan hotmail atau msn sebagai email utama saya ketimbang gmail atau yahoo, hehe. Untuk Email lainnya nanti menyusul yah :D

1. Pertama-tama, seperti biasa, kamu harus login ke emailmu terlebih dahulu.

2. Nah, Default tampilan Folder Hotmail adalah sebagai berikut :


—————————————————————————————————————————————————
3. Kamu bisa menambahkan beberapa Folder baru disini, Caranya tinggal klik New Folder di bagian paling bawah menu, lalu beri nama sesuai yang kamu inginkan, contohnya seperti ini, saya ingin men-sortir email notifikasi dari Facebook, Twitter, dan Kaskus.


—————————————————————————————————————————————————
4. Nah, Setelah membuat Foldernya, sekarang kita masuk ke Inbox email kita, dan pilih email mana yang ingin disortir, saya ambil satu contoh yah sebagai berikut :

Pilih salah satu Email yang ingin disortir > Klik Kanan > Klik For this sender >Move All From..


—————————————————————————————————————————————————
5. Setelah itu, ikuti langkah ini :

Centang Also move future messages (agar nantinya email selanjutnya langsung ke Folder) >> Pilih Folder Tujuan dari Dropdown menu


—————————————————————————————————————————————————
6. Dan, akhirnya, email-emailmu pun tersusun dengan rapih sesuai dengan Folder-foldernya (kategori). Hihihi, lumayan memudahkan kamu ketika ingin mencari email dari siapa saja.

Gimana ? cukup membantu kan ? Yah, walaupun cuma cara newbie, tapi siapa tau berguna :beer: . Untuk email-email lainnya menyusul yah, sementara ini dulu, hehe. :malu:

Catatan : kalau kamu tidak ingin ada notifikasi dari jejaring sosialmu, yah tinggal dimatikan saja fitur sent notifikasi via emailnya :army: