Menyembunyikan Drive Harddisk dari Windows Explorer

Merasa pernah kecolongan atau dibajak saat komputer/laptop kamu dipinjam sama teman atau keluargamu ?? Seperti membuka file-file rahasiamu, dan lainnya. Nah, sebenarnya hal ini bisa dengan mudah dilakukan karena si user lain selain diri kamu memiliki akses yang sama seperti yang kamu miliki. Mereka bisa mengakses drive-drive di komputer kamu dengan leluasa tanpa batas. Nah, berikut ini saya memiliki beberapa tips yang mungkin bisa membantu sedikit mengurangi akses ilegal yang dilakukan orang2 lain :-p

Gimana caranya ? caranya simpel, saya hanya mencoba untuk menyembunyikan drive yang ada di komputer saya agar tidak  terlihat oleh orang lain dan ini akan berguna sekali bagi orang-orang awam.

Oke,, kita langsung prakteknya saja yaahh ::

1. Click tombol “Start – Run”, ketikan “gpedit.msc” dan tekan Enter. atau bisa juga dengan menekan tombol windows di keyboardmu dibarengi dengan huruf R.

2. nah setelah itu, akan muncul jendela “Group Policy” . Selanjutnya pilih menu “Administrative Templates” dibagian opsi “User Configuration.”

3. Nah, selanjutnya pilih “Windows Component” >>>Windows Explorer

4. Cari opsi “Hide these specified drives in My Computer” yang tertampil di kolom bagian kanan. Click ganda opsi tersebut,             pada  tab “Setting”, pilih “Enable”, dan pilih drive mana yang ingin Anda sembunyikan. Click “Apply >> Ok”.

  • Nah, selain itu sebenarnya kamu bisa membuat drive yang kamu pilih itu benar-benar tidak bisa diakses, tetapi  mungkin agak merepotkan kamu sendiri nantinya, karena jika suatu saat membutuhkan untuk mengakses drive tersebut, kamu akan kesulitan dan harus mengaktifkannya setiap saat kamu ingin mengaksesnya.

5. Jika, memang kamu memutuskan untuk benar2 membatasi aksesnya, pilih opsi “Prevent access to drives from My Computer”. Click ganda opsi tersebut, pilih “Enable”, dan pilih drive mana yang harus dibatasi aksesnya. Lakukan langkah yang sama jika Anda ingin menghentikan akses drive lainnya. Click “Apply >> Ok”.

6. Tutup jendela “Group Policy”. Restart computer untuk efek perubahannya.

Tips ;

Jika Anda hanya ingin menyembunyikan harddisk yang ada di “My Computer” dan masih ingin mengaksesnya via Windows Explorer, maka Anda hanya harus menggunakan opsi “Hide these specific drives in My Computer”. Namun, harddisk masih dapat diakses dengan mengetikkan huruf drive, contoh “C:” di address bar “Run”.