Singaraja, 23 Februari 2013. Hari ini langit sangat mendung disertai angin besar yang melanda Kota kecil di Bali Utara, Singaraja.


Kali ini saya mengunjungi salah satu landmark kota Singaraja yaitu Pelabuhan Buleleng. Terletak di sebelah pesisir utara kota Singaraja. Sejarahnya dahulu ketika Singaraja sebagai ibu Kota dari Nusa Tenggara, Pelabuhan ini adalah pusat pelayaran penting, namun ketika keputusan pemindahan Ibu Kota Propinsi Bali dari Utara ke Selatan, Pelabuhan Buleleng menjadi kurang berfungsi. Kemerosotan fungsi pelabuhan mencapai puncak ketika pembangunan Pelabuhan Celukan Bawang dilakukan.

IMG_20140622_210704
Jembatan Kayu Eks-Pelabuhan

Sejak tahun 2005, bekas Pelabuhan Buleleng ini ditata kembali oleh pemerintah daerah Kabupaten Buleleng dengan penataan taman serta bekas dermaga kayu yang sudah usang sekarang dimanfaatkan sebagai objek wisata dan dilengkapi dengan sarana restauran Apung yang bisa digunakan sebagai objek Wisata Kuliner Singaraja. Selain itu kini Eks Pelabuhan Buleleng ini sering sekali digunakan untuk daerah wisata masyarakat setempat sebagai tempat hiburan untuk segala usia baik di Pagi hari maupun Sore hari.

IMG_20140622_210803
Tugu Pahlawan Eks-Pelabuhan Buleleng

Ketika kamu mengunjungi kota Singaraja tidak ada salahnya mampir ke Eks-Pelabuhan Buleleng ini untuk melihat tugu Pahlawan dan Pemandangan laut dengan ombak yang cukup besar menerpa bebatuan pinggir pantai dan memandang indahnya Sunset di ujung bekas dermaga kayu.

IMG_20140622_210946
Dermaga Kayu

 

IMG_20140622_210903
Angin Laut dan Hempasan Ombak

Conclusion :

[list-ul type=”star”][li-row]Objek Wisata Eks-Pelabuhan Buleleng Cukup baik dan menarik untuk dikunjungi[/li-row]

[li-row]Tidak ada biaya apapun untuk menikmati pemandangan laut disini, hanya parkir kendaraan saja.[/li-row]

[li-row]Jika kamu suka pemandangan sunset, dermaga kayu adalah tempat yang tepat[/li-row]

[li-row]Angin laut Dermaga sangat segar dan keras[/li-row]

[/list-ul]