NGN (Next Generation Network)

Good day everybody !! :D lagi kejar setoran nih, biar apa yang udah saya dapet gak lupa begitu saja, hehehe.

Well, kali ini kita akan membahas tentang NGN (Next Generation Network) adalah singkatan dari: jaringan generasi berikutnya atau biasa kita kenal dengan kata Jaringan masa depan.

Apakah yang dimaksud dengan NGN?

NGN adalah suatu jaringan masa depan. NGN bisa diartikan  jaringan yang akan kita pakai saat di masa depan nanti. Mungkin kita tidak akan tahu, akan menjadi apa jaringan yang ada di masa depan nanti. Tapi, yang kita tahu sekarang jaringan masa depan yang kita hadapi adalah jaringan yang berabasis IP atau Internet Protocol.

Lalu, kenapa harus IP ??

Seperti yang saya katakan sebelumnya, sebenarnya kita tidak tahu, ke arah manakah NGN nantinya ? tetapi mungkin alasan kenapa NGN adalah jaringan berbasis IP adalah karena :

1. IP ( Internet Protocol) adalah suatu aturan yang mengatur suatu hubungan internet, kita tahu internet bisa mengakses daerah manapun di dunia ini. Oleh karena itu lah IP dipilih sebagai jaringan masa depan, karena IP bersifat GLOBAL.

2. Selanjutnya, mungkin kita sudah familiar, bahwa jaringan IP adalah jaringan dimana memungkinkan bukan hanya komunikasi voice saja, tetapi memungkinkan untuk komunikasi video dan data, sehingga bisa disimpulkan bahwa jaringan IP adalah jaringan yang bisa dipakai untuk berbagai jenis komunikasi.

3. Selain itu, kita juga tahu, dalam beberapa situasi, jaringan internet tentunya lebih murah dibanding jaringan PSTN, karena memang biaya telepon internet jauh lebih murah dibanding kita menelpon dari telepon PSTN, tetapi ini tidaklah mutlak.

4. Mungkin disisi sekuritas, NGN bisa dibilang aman dan tidak, hal ini bisa dilihat dari 2 sisi. Disatu sisi mungkin bisa dibilang lebih aman, karena memang ada proses enskripsi data pada paket IP dan juga mungkin sekuritasnya bisa dikembangkan sesuai kemampuan dan keahlian si pengelola jaringan. Nah, sedangkan sisi buruknya, mungkin lebih rentan terhadap serangan luar di dalam internet, baik itu hacker, cracker dan lainnya.

Lalu, apakah kita akan menuju NGN ??

Tentu, saat ini kita sedang menuju NGN, seperti kita tahu, komunikasi lewat jaringan internet lebih banyak sekarang ini. Jejaring sosial menjamur di seluruh dunia, fitur2 chat dan transfer data cepat juga sudah mulai tersedia di dunia ini. Nah, tapi perlu diingat, mungkin memang benar kita akan menuju NGN, tetapi mungkin tidak mudah untuk mengubahnya secara spontan, pastinya membutuhkan proses dan secara bertahap. Tentunya juga, jika kita langsung melakukan migrasi langsung opertor komunikasi di dunia akan mengalami kerugian karena infrastruktur yang telah mereka bangun seperti jaringan telekomunikasi yang sudah saat ini, BTS, backbone, sentral PSTN dan lainnya yang harganya sangat mahal akan menjadi tidak berguna dan mubazir. Bagaimana perasaan kamu jika kamu menjadi si pemilik Operator ??

Nah, maka dari itulah, walaupun kita akan menuju NGN, tetapi kita tidak akan langsung bermigrasi langsung menuju kesana, tentunya ada tahapan-tahapannya, salah satunya adalah dengan menggunakan softswitch. Nah, softswitch sendiri merupakan suatu perangkat yang menjembatani antara circuit switch dan packet switch khususnya IP. Untuk lebih jelasnya mungkin akan saya sediakan postingan lain mengenai softswitch.