Overview Asterisk

Asterisk PBX perangkat lunak yang berbasis opensource ,dibuat dan dikembangkan oleh Digium.Inc dan user terus tumbuh dan basis pengembang. Digium berinvestasi dalam pengembangan (source code) sumber kode Asterisk dan perangkat keras  telepon low-cost yang bekerja dengan Asterisk di dalamnya. Asterisk berjalan pada platform Linux dan Unix lain dengan atau tanpa hardware yang menghubungkan server anda ke jaringan telepon tradisional global, PSTN. Tapi banyak juga yang mengatakan terdapata juga Asterisk for Windows.

Asterisk pada dasarnya adalah sebuah software telephony yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan fitur-fitur lain yang tidak terdapat pada telepon analog pada umumnya, seperti IVR, Teleconfrence dan lainnya.

Asterisk biasanya digunakan untuk membangun sebuah server mini telekomunikasi VoIP. Mungkin bisa dikatakan asterisk sendiri memiliki sistem yang tidak begitu simple, karena dalam pembetukan server ini ada proses setup dan juga konfigurasi sistem, belum termasuk setup interface yang digunakan agar dapat dikenali oleh asterisk. Tapi, mungkin dalam managementnya sendiri kita tidak perlu khawatir, karena didalamnya terdapat management tool yang telah terbuilt in dalam engine tersebut dan dapat mengconfigure secara terpisah jadi kita bisa mensetting suatu interface tergantung kebutuhan kita.

Mungkin hal ini cukup sulit untuk dilakukan oleh pengguna pemula yang belum begitu mengenal linux secara dalam. Tapi, disini ada hal yang cukup memudahkan, karena asterisk sendiri memiliki 2 versi yang pertama adalah Asterisk murni dimana kita harus mensetting sendiri si server menggunakan console (terminal) di Linux dan juga ada versi GUI (Graphical User Interface) dimana kita tidak perlu mensetting melalui console, tetapi hanya perlu mendaftarkan client melalui web browser.

Nah, jadi bagi pemula yang ingin belajar mengkonfigurasikannya tidak perlu khawatir. Tetapi mungkin jika kita tidak mencoba mengkonfigurasikannya sendiri, kita tidak akan bisa.

Nah, sekarang kita akan lihat beberapa hal yang dapat kita temukan dalam asterisk (fitur-fiturnya) :

1.Automated Attendant
2.Blacklist
3.Call Detail Record
4.Call forward on busy
5.Call Forward on no answer
6.Trunking
7.Call Quening
8.Call Recording
9.Call Routing
10.Call Transfer
11. Caller ID
12.Conference Bridging
13.Interactive Directory Listing
14.Interactive Voice Responce (IVR)

dan masih banyak fitur lainnya. Silahkan kamu explore sendiri :)

Mungkin cuma segitu aja overview tentang si Asterisk sendiri, jika pengen tahu tentang Asterisk silahkan langsung menuju situs resminya.