vCPU (Virtual CPU)

Howdy~

Rasanya sudah beberapa bulan terakhir ini tidak lagi produktif untuk mengisi blog ini dengan artikel-artikel terbaru, hehe, maklum, sibuk Tugas Akhir :hammer:

Oke, mungkin kali ini saya akan membahas bahasan tentang vCPU atau Virtual CPU karena memang masih berhubungan dengan topik bahasan Tugas Akhir saya. Langsung saja yah, karena bukan saatnya untuk berbasa-basi lagi, hehe.

Apakah vCPU ??

vCPU pada dasarnya adalah sebuah Virtual Central Processing Unit (CPU) yang ditugaskan untuk setiap Virtual Machine (VM) dalam lingkungan awan (Cloud Computing). Setiap vCPU dipandang sebagai inti CPU (core) fisik dengan sistem operasi VM. Jika mesin host memiliki beberapa core CPU dengan beberapa pembagian,  vCPU sebenarnya terdiri dari sejumlah time slot di semua core yang tersedia, sehingga memungkinkan beberapa VM untuk menjadi host pada sejumlah kecil core fisik.

 

Berapakah Jumlah vCPU yang bisa dipakai dalam sebuah Virtual Machine (VM) ??

Sebuah VM bisa menggunakan hingga 4 vCPU menurut lisensi standar ESX host VMware dan bisa sampai 8 vCPU pada edisi Enterprise. Jumlah dari vCPU yang dapat dipakai dalam server kita tergantung pada jumlah beban yang akan ditanggung VM.

 

Apakah besar 1 vCPU sama dengan dalam sebuah CPU fisik yang sebenarnya ?

Sebuah estimasi kasar adalah besar 1 vCPU = 1 Core CPU Fisik. Namun, ini tidak mutlak benar, seperti yang tadi sudah dijelaskan vCPU terdiri dari time slot (slot waktu) di semua core fisik yang tersedia, sehingga secara umum 1vCPU sebenarnya bisa memiliki kemampuan lebih kuat daripada sebuah single core (1 inti), terutama jika CPU fisik memiliki 8 core.

VMware dirancang untuk memungkinkan setiap VM untuk menggunakan proporsi tertentu dari waktu clock sebuah core dengan menggunakan algoritma pembagian kompleks dalam “CPU Scheduler”. Jika tidak ada sumber daya CPU yang cukup untuk menjalankan sebuah VM, misalnya jika semua VM menjalankan CPU dengan proses 100% (yang sangat tidak mungkin),VM secara otomatis bermigrasi menggunakan DRS dan vMotion ke host server lain yang memiliki cadangan sumber daya CPU.